BALL GAME
Tugas Kelompok Sotskill
  • Dadan Sopandi
  • Dick
  • Indrawan
  • Randi Dwi
  • Saiful alam
  • Tatang Tri
  • Hisyam
  • Wira Muhammada

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional. Selain itu processing juga dapat di gunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pembuatan game. Bagi anda yang tertarik untuk membuat game dengan bahasa ini, ikuti langkah-langkah berikut. Yang dimulai dari perancangan, implementasi hingga tahap uji coba.
Perancangan Program
Game yang akan saya buat dengan bahasa pemrograman processing, yaitu ballgame 2D. Ballgame 2D ini sejenis game pong, namun untuk mencapai goal bola harus di mengenai area goal berupa garis berwarna hijau yang telah dibuat sebelumnya.
Perancangan sistem ini menggunakan UML sebagai pemodelan system, adapun urutan perancangan untuk diagram-diagram yang terdapat didalam UML (Unified Modeling Languange) adalah :
 Use Case Diagram
Diagram di atas menjelaskan bahwa terdapat 2 aktor yaitu developer dan user atau player. Developer membuat rancangan terhadap sistem tersebut terlebih dahulu. Kemudian baru mulai membangun game tersebut. Setelah selesai game tersebut di uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada bagian program yang error. Setelah dianggap tiada error baru kemudian developer merelease game tersebut untuk digunakan oleh setiap user.
1.      Activity Diagram
Diagram Activity menggambarkan alur proses atau cara kerja sistem. Pada diagram ini, digambarkan aktivitas-aktivitas apa saja yang dikerjakan oleh sebuah sistem.
 Yang dilakukan oleh sistem pertama kali adalah memuat score dan nyawa atau kesempatan yang dapat digunakan oleh user untuk memainkan game ini. Score awal adalah bernilai 0 dan kesempatan user adlaah sebesar 5. Jika sudah sistem akan memeriksa apakah bola mengenai goal. Jika ya maka sistem akan menambahkan score user yang besarnya sesuai dengan jarak antara batas terakhir bola berpijak dengan goal. Jika tidak maka bola akan terus dipantulkan. Kemudian sistem akan mengecek kembali paakah kesempatan atau nyawa user kurang dari 1. Jika ya maka game berakir. Jika tidak maka game akan terus dijalankan dan bola akan terus dipantukan.
2.      Class Diagram
Class diagram digunakan untuk menggambarkan Objek/Class Pada Sistem. Digambarkan objek-objek apa saja yang digunakan untuk membangun sebuah sistem.

Diagram di atas menunjukkan bahwa class yang digunakan pada program ini adlah sebanyak 3 yaitu setup, draw, mousePressed. Class setup berfungsi sebagai layout daripada game tersebut. Sedangkan class draw berfungsi mengatur bagaimana game berjalan. Dan terakhir mousePressed adlaah class yang mengatur action mouse click. Jika player mengclick mouse sebanyak satu kali maka game akan di pause. Action mouse ini juga berfungsi sebagai perintah untuk memulai game baru apabila user telah game over.Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar, seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional. Selain itu processing juga dapat di gunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pembuatan game. Bagi anda yang tertarik untuk membuat game dengan bahasa ini, ikuti langkah-langkah berikut. Yang dimulai dari perancangan, implementasi hingga tahap uji coba.
Perancangan Program
Game yang akan saya buat dengan bahasa pemrograman processing, yaitu ballgame 2D. Ballgame 2D ini sejenis game pong, namun untuk mencapai goal bola harus di mengenai area goal berupa garis berwarna hijau yang telah dibuat sebelumnya.
Perancangan sistem ini menggunakan UML sebagai pemodelan system, adapun urutan perancangan untuk diagram-diagram yang terdapat didalam UML (Unified Modeling Languange) adalah :
 Use Case Diagram
Diagram di atas menjelaskan bahwa terdapat 2 aktor yaitu developer dan user atau player. Developer membuat rancangan terhadap sistem tersebut terlebih dahulu. Kemudian baru mulai membangun game tersebut. Setelah selesai game tersebut di uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada bagian program yang error. Setelah dianggap tiada error baru kemudian developer merelease game tersebut untuk digunakan oleh setiap user.
1.      Activity Diagram
Diagram Activity menggambarkan alur proses atau cara kerja sistem. Pada diagram ini, digambarkan aktivitas-aktivitas apa saja yang dikerjakan oleh sebuah sistem.
 Yang dilakukan oleh sistem pertama kali adalah memuat score dan nyawa atau kesempatan yang dapat digunakan oleh user untuk memainkan game ini. Score awal adalah bernilai 0 dan kesempatan user adlaah sebesar 5. Jika sudah sistem akan memeriksa apakah bola mengenai goal. Jika ya maka sistem akan menambahkan score user yang besarnya sesuai dengan jarak antara batas terakhir bola berpijak dengan goal. Jika tidak maka bola akan terus dipantulkan. Kemudian sistem akan mengecek kembali paakah kesempatan atau nyawa user kurang dari 1. Jika ya maka game berakir. Jika tidak maka game akan terus dijalankan dan bola akan terus dipantukan.
2.      Class Diagram
Class diagram digunakan untuk menggambarkan Objek/Class Pada Sistem. Digambarkan objek-objek apa saja yang digunakan untuk membangun sebuah sistem.
Diagram di atas menunjukkan bahwa class yang digunakan pada program ini adlah sebanyak 3 yaitu setup, draw, mousePressed. Class setup berfungsi sebagai layout daripada game tersebut. Sedangkan class draw berfungsi mengatur bagaimana game berjalan. Dan terakhir mousePressed adlaah class yang mengatur action mouse click. Jika player mengclick mouse sebanyak satu kali maka game akan di pause. Action mouse ini juga berfungsi sebagai perintah untuk memulai game baru apabila user telah game over.


Leave a Reply