Tugas Matakuliah Softskill
PENGANTAR BISNIS INFORMARTIKA
Universitas Gunadarma
2014
Nama : Saiful Alam (56411554)
Kelas : 4IA17
RINGKASAN JURNAL : THE E-BUSINESS POLICY OF GLOBAL LOGISTICS MANAGEMENT FOR MANUFACTURING
Taiwan terkenal dengan "fleksibilitas manufaktur", di seluruh dunia. Taiwan telah membangun sistem rantai pasokan fisik yang komplit. Dalam sepuluh tahun terakhir, perusahaan Taiwan telah berubah dari orientasi pada bisnis ke orientasi pada konsumen dan telah mengembangkan aplikasi teknologi internet. Dalam rangka untuk menghadapi lingkungan bisnis yang berubah cepat, pemerintah Taiwan telah mempromosikan bisnis untuk bisnis (B2B) e-Bisnis proyek di industri yang berbeda. Di sisi lain, mengingat kecenderungan internasionalisasi dan globalisasi, manajemen global logistik (GLM) menjadi isu utama bagi Taiwan. Karakteristik terbuka lain faktor penting untuk dipertimbangkan adalah karakteristik ekonomi yang terbuka di Taiwan, seperti geografi yang dikelilingi oleh laut. Oleh karena itu, yang berdasarkan pada manfaat inti dan kemampuan, industri Taiwan akan mengangkat daya saing global melalui e-Bisnis optimal dari GLM (e-GLM). Untuk ruang lingkup dan proses GLM yang kompleks, mereka melibatkan transaksi bisnis domestik dan luar negeri antara pemasok dan pelanggan, dan memerlukan koordinasi kegiatan bisnis banyak dari R & D, ketertiban, pengadaan, produksi, kontrol persediaan untuk distribusi. Untuk mencapai optimalisasi operasi logistik global, perlu hati-hati estim1ate masukan dari proyek tindakan seperti sumber daya, informasi, dll Namun, dalam industri Taiwan dan penelitian akademis, model GLM masih dalam tahap dini. Tulisan ini didasarkan pada literatur, fitur dari penawaran-permintaan dalam teknologi manufaktur, kebijakan industri, dan informasi (TI) aplikasi strategi, mengobati dua jenis terpisah dari manufaktur:.. Ini. "Perbedaan" dan. "Konvergensi." Kami telah menunjukkan atribut masing-masing industri dan kemacetan kritis dari e-GLM. Di sisi lain, menggabungkan konsep produksi (membuat) jenis dan "memeriksa index."., Yang diikuti model SCOR dan teori rantai nilai. Akhirnya kita disebut e-Bisnis isi kebijakan yang optimal GLM untuk manufaktur.
1. PENDAHULUAN
Dalam sepuluh tahun terakhir, perusahaan Taiwan telah menghadapi lingkungan yang berubah cepat. Transformasi ini dibawa oleh kedua tekanan untuk mengambil sebuah pandangan internasional dan global, serta meningkatkan untuk menerapkan lebih teknologi IT. Selain itu, WTO telah membuat Taiwan membuka pasarnya untuk sepenuhnya. Hal ini telah benar-benar mengubah cara perusahaan melakukan bisnis mereka dan bagaimana mereka bekerja sama dengan mitra. Ini adalah alasan mengapa sektor manufaktur Taiwan bergerak menuju model multi-nasional, kolaboratif. Kolaborasi industri telah berubah dari sebuah divisi, vertikal khusus tenaga kerja untuk satu, lebih horizontal terbuka. Bahkan, biaya dan kualitas selalu kunci untuk kelangsungan hidup bisnis, kecepatan, fleksibilitas dan inovasi merupakan faktor daya saing suatu perusahaan. Hanya badan usaha ini yang dapat merespon dengan cepat kebutuhan pasar dapat bertahan dalam lingkungan bisnis saat ini.
Model e-Business dapat memenuhi persyaratan pasar baru dan memberikan solusi yang tepat untuk membantu bisnis aman daya saing mereka. Ini membantu perusahaan menangkap peluang digital untuk mempertahankan atau meningkatkan tepi kompetitif mereka. Melalui interaksi elektronik, tidak hanya menghemat waktu dan biaya pengadaan efektif, tetapi juga meningkatkan layanan yang disesuaikan dan kepuasan pelanggan meningkat secara dramatis. Secara keseluruhan, karakteristik terbuka Taiwan ekonomi seperti geografi-dikelilingi oleh laut. Taiwan' industri, berdasarkan kemampuan inti saat ini dan GLM, akan menjadi senjata untuk mengangkat daya saing global.
Dalam sepuluh tahun terakhir, Taiwan telah mempromosikan B2B, bisnis ke konsumen (B2C) dan bisnis kepada pemerintah (B2G) e-Bisnis di beberapa industri, dan juga telah membangun sebuah sistem rantai suplai matang industri. Departemen industri teknologi (doit) dan pengembangan industri biro (IDB) dari kementerian urusan ekonomi (MOEA) dibantu sedikitnya 70 manufaktur B2B e-Bisnis sistem SCM. Ada lebih dari 10.000 perusahaan kecil menengah (UKM) sekarang dihubungkan bersama untuk memenuhi kebutuhan bisnis kritis dan untuk meningkatkan banyak aplikasi e-Bisnis dalam rantai domestik dan internasional Taiwan pasokan.
Proyek-proyek ini berfokus pada promosi dan memperkuat pasokan Taiwan sistem rantai, dan pada percepatan adopsi e-bisnis aplikasi. Hal ini mendorong produsen utama Taiwan untuk bekerja dengan up stream-mereka dan hilir mitra dalam rantai pasokan untuk membangun sebuah sistem e-Business operasi terpadu.
Tujuannya adalah untuk menumbuhkan beberapa aplikasi model sistem untuk memasok pengetahuan industri dalam beberapa tahun mendatang. Melalui promosi sukses, kami berharap untuk membujuk dan membantu industri lainnya di Taiwan untuk mengadopsi e-Bisnis. Jelas, produsen Taiwan dapat menerapkan teknologi IT untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan. Berdasarkan sistem ini rantai pasokan yang kuat, mereka bersama-sama dapat bertukar sisi penawaran dan sisi permintaan informasi melalui e-Business sistem manajemen. Pertukaran yang berhubungan dengan kegiatan rantai nilai banyak seperti pengadaan, kontrol kualitas, persediaan, peramalan. Secara keseluruhan, e-Bisnis aplikasi menghasilkan, dari 2002 hingga 2006, lebih dari 7 miliar (USD) senilai manfaat bagi industri Taiwan.
Manufaktur Taiwan rantai pasokan e-Bisnis proyek aplikasi termasuk manajemen order, manajemen pengadaan, R & D dan manajemen kolaboratif. Namun, program ini hanya berlaku e-Bisnis dalam rantai pasokan domestik dan fokus pada kegiatan rantai nilai sederhana. Dalam menghadapi era global-driven, trend perkembangan pesat operasi internasional, industri Taiwan harus mempromosikan canggih e-Bisnis aplikasi untuk GLM sebagai kebijakan yang penting. Di masa depan, berdasarkan pengalaman sukses dalam negeri e-Bisnis Program, industri Taiwan dapat meningkatkan pengadaan, R & D, logistik dan keuangan melalui e-GLM kebijakan yang akan meningkatkan daya saing global.
Secara keseluruhan, konsep inti dari e-model bisnis adalah sekitar nilai bisnis, dan kekhawatiran bagaimana nilai diciptakan, ditafsirkan dan dipertukarkan antara pemangku kepentingan multi-partai di seluruh rantai nilai. Tapi untuk e-GLM, itu adalah integrasi informasi lebih lanjut tentang meningkatkan (seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1) dan melibatkan sisi pasokan berkisar luas dan sisi permintaan, serta kegiatan bisnis mereka di negara yang berbeda. Jadi, lebih kompleks dan sulit daripada apa model e-Business yang sempit atau sederhana kekhawatiran tentang. Namun demikian, menurut industri Taiwan [36] dan penelitian akademik, e-bisnis model GLM masih dalam tahap dini. Berdasarkan kebijakan industri dan strategi TI aspek aplikasi, tujuan dari penelitian ini mengacu pada Bisnis e-referensi model logistik global melalui analisis oleh jenis industri, industri atribut, jenis produksi dan hambatan e-Bisnis. Dengan penelitian ini, kami berharap untuk meningkatkan kinerja dari GLM efektif dalam bidang berikut:
1. Untuk mengidentifikasi penugasan kantor pusat dan masing-masing anak perusahaan.
2. Untuk meningkatkan pengelolaan kolaboratif di kantor pusat dan anak perusahaan.
3. Untuk mempromosikan fungsi dari arus informasi, arus logistik, aliran keuangan, dan sistem TI.
4. Untuk membantu mengatur fungsi ruang kantor pusat atau perang dan kontrol KPI melalui e-Bisnis kebijakan.
2. TINJAUAN LITERATUR
2.1 Global Logistics Manajemen
GLM telah berevolusi dari logistik manajemen. Menurut definisi oleh Dewan Manajemen Logistik, Amerika Serikat, manajemen Logistik adalah "bagian dari SCM bahwa rencana, mengimplementasikan, dan kontrol ke depan, efisien efektif dan aliran pembalikan dan penyimpanan barang, jasa dan informasi terkait antara titik asal dan titik konsumsi dalam rangka memenuhi persyaratan pelanggan ". Manajemen logistik berbeda dari logistik di bahwa mantan lebih dari kegiatan bisnis tingkat tinggi dari yang kedua. Kegiatan rantai manufaktur adalah membuat produk. Dan kegiatan rantai distribusi adalah setelah layanan dan mempertahankan. Karena globalisasi, banyak perusahaan pindah ke internasionalisasi, membuat pengaturan antara fasilitas produksi dan pusat distribusi, dengan harapan pengelolaan, perencanaan dan membawa lebih dekat bersama-sama kebutuhan pelanggan mereka dan manufaktur mereka sendiri. Dalam rangka untuk mengalokasikan sumber daya global perusahaan, GLM harus mengambil berorientasi konsumen dan fleksibel menyesuaikan beberapa operasi aliran bisnis.
Sejak tahun 1980, kompetisi global telah meningkat dan siklus hidup produk menjadi lebih pendek daripada di masa lalu. Kegiatan utamanya bisnis telah berubah dan diperluas. Industri logistik berkaitan dengan fasilitas dan operasi peralatan. Dalam rangka untuk menjaga pasokan halus, lebih baik kapasitas manajemen dan manajemen pabrik, perencanaan produksi dan / atau perencanaan lanjutan dan penjadwalan (APS) menjadi isu penting dalam bidang logistik manufaktur. Distribusi logistik berfokus pada mengurangi biaya pengiriman. Pengambilan keputusan yang item termasuk: distribusi nomor pusat, lokasi, jenis pengiriman, target pengiriman (area, pelanggan ... dll). Juga banyak faktor untuk perencanaan proyek logistik global termasuk lokasi pelanggan, lokasi pemasok, gaji karyawan dan keterampilan, bahan model akuisisi baku (dengan prinsip, waktu dan jarak), model pengiriman (dengan biaya dan waktu), hukum pelabuhan pajak , perdagangan dan pendapatan.
Menurut pengembangan industri dan lapangan penelitian akademis, dalam rangka meningkatkan persaingan usaha dan manfaat, maka perlu untuk membangun logistik global yang optimal yang mendapat hasil yang lebih baik dari perputaran persediaan, tersedia untuk janji (ATP) dan waktu ke pasar.
2.2 Strategi Global Logistik dan e-Bisnis
Ada banyak penelitian terkait dengan GLM dalam bidang akademik. Ferdows disebut enam keberpihakan dari GLM yang mencakup pabrik lepas pantai, pabrik sumber, pabrik jasa, pabrik timah, pabrik dan pabrik pos distribusi. Pengelolaan kolaboratif e-Bisnis sistem operasi penting untuk bertukar informasi. Ada dua jenis manajemen kolaboratif: umum dan multi-tingkatan. Transaksi jenis umum kolaboratif dengan kolaborasi pengadaan vs manufaktur, distribusi dan manufaktur vs vs persediaan distribusi. Multi-tingkatan jenis transaksi kolaboratif dengan banyak kegiatan e-bisnis sistem. Distribusi logistik GLM berisi empat bagian: bahan baku / komponen pasokan, logistik inbound / outbound dan perakitan. Bahkan, manfaat logistik global perlu strategi luas yang bersangkutan, proses, integrasi, aliansi, sistem TI dan kinerja operasi. Umumnya, untuk membangun e-Bisnis GLM kekhawatiran siklus kecepatan waktu, produktivitas, mencapai pelanggan baru dan berbagi pengetahuan di seluruh institusi untuk keunggulan kompetitif.
Kompetensi inti yang diperlukan untuk operasi global yang sukses berhubungan dengan pengembangan keterampilan dan pengembangan aset virtual khusus dalam tampilan yang dinamis namun konsisten dari pasar global yang diselenggarakan oleh bisnis ini. Pengembangan strategi dan sistem TI tumbuh setiap tahun. Di sisi lain, sejauh mana kontribusi dari infrastruktur tergantung pada intensitas informasi dalam rantai nilai bisnis. Ini berasal dari empat faktor yang berhubungan: sifat kemitraan, pengaturan internal, sifat pasar atau industri dan penawaran produk. Dalam beberapa tahun terakhir, e-Business aplikasi SCM telah matang. Ada sembilan informasi sistem global (GIS) strategi pembangunan: pembangunan dengan tim desain multinasional, pembangunan paralel, pengembangan pusat, inti versus pengembangan lokal, yang terbaik di adopsi perusahaan perangkat lunak, pengembangan kustom outsourcing, akuisisi dimodifikasi paket perangkat lunak, perangkat lunak paket diubah akuisisi dan pembangunan bersama dengan vendor.
3. APLIKASI E-BISNIS DI TAIWAN
3.1 Industri Rantai dan e-Bisnis
Taiwan telah membangun sistem rantai pasokan lengkap fisik dari (sisi bahan baku atau sisi penawaran) hulu ke hilir (sisi permintaan). Berdasarkan rantai industri yang lengkap, perusahaan Taiwan telah meningkatkan banyak aplikasi TI dan sistem perdagangan elektronik sebagai akibat dari menghadapi lingkungan yang cepat berubah dan globalisasi. Pemerintah Taiwan telah membantu banyak B2B e-Bisnis program untuk meningkatkan daya saing industri. Menurut e-Bisnis Kertas Putih pada Taiwan Nici dan e-Bisnis informasi proyek, ada lebih dari 70 manufaktur membangun rantai pasokan B2B e-Business sistem melalui program pemerintah. Secara bertahap, semakin banyak perusahaan telah beroperasi lancar dengan proyek-proyek dalam sepuluh tahun terakhir.
E-Bisnis B2B sistem mendistribusikan up-stream (atau sisi supply) dan hilir (atau sisi permintaan). Up-stream aplikasi termasuk e-Procurement, PDM, produksi perdagangan kolaboratif (BPK), produk manajemen siklus hidup (PLM), VMI, e-Logistic, e-Faktor, APS dan e-Forecast suka. Down-stream aplikasi termasuk e-katalog, manajemen hubungan pelanggan (CRM), e-Service, e-procurement, e-VMI, e-Pengiriman, e-hub, e-Inventory, e-Pembiayaan, e-Pembayaran, CPFR , APS, e-Forecast dan e-Saled.
Menurut Institut Industri Informasi (III), sebuah organisasi non-pemerintah bersama-sama disponsori oleh pemerintah Taiwan penelitiannya pembangunan industri Taiwan di aplikasi TI. Pada aplikasi TI, seperti ERP, CRM, dll, telah meningkat di Taiwan. BI khususnya juga telah tumbuh dari tahun ke tahun. Dengan kata lain, e-Bisnis GLM adalah kebijakan yang sangat penting bagi pengembangan industri di Taiwan.
3.2 GLM e-Bisnis dan Jenis Industri di Taiwan
Manufaktur Taiwan baik di "fleksibilitas" dan terkenal untuk itu di seluruh dunia. Taiwan telah membangun sistem rantai pasokan lengkap fisik. Selanjutnya, MOEA telah mempromosikan rantai pasokan B2B e-Bisnis program dalam sepuluh tahun terakhir. Hari ini, karena tren perkembangan globalisasi, untuk merencanakan e-Bisnis GLM merupakan isu kunci untuk industri Taiwan. Namun, proses e-Bisnis GLM mirip dengan e-SCM di sektor domestik. Selain itu, GLM e-Bisnis harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti jenis industri, atribut, dan e-Bisnis kemacetan. Pertama, kita harus mempertimbangkan faktor-faktor dalam membangun e-Bisnis GLM.
Dalam penelitian ini, kami telah difokuskan pada lingkup industri. IDB menunjuk item tertentu (industri), adalah prioritas dalam melaksanakan program e-bisnis. Barang-barang tertentu atau industri didasarkan pada "kebijakan e-industri" untuk pembuatan Taiwan. Dengan kata lain, IDB dipromosikan industri untuk membangun e-bisnis program tergantung pada permintaan untuk derajat E-bisnis dan persaingan untuk pembuatan. Selain itu, mereka akan mempromosikan e-bisnis program industri lainnya dalam tahap berikutnya. Menurut industri prioritas dan atribut industri, kita dapat lebih efektif menganalisis model e-Bisnis GLM untuk industri Taiwan.
Dalam penelitian ini, membagi industri di Taiwan menjadi dua jenis: jenis dan tipe yang bertumpu berlainan. Dengan ini, menganalisis dan mengidentifikasi e-Bisnis kebijakan GLM. Industri yang berbeda termasuk tekstil, produk plastik, produk minyak bumi, kertas, karet, plat baja, batang baja, stainless steel plate, dan khusus baja bar. Industri konvergen termasuk PC rakitan, peralatan jaringan, peralatan komunikasi, perakitan elektromekanis, perakitan kendaraan, mesin perakitan, makanan & minuman, percetakan & penerbit, konsumen yang baik dan pakaian. Industri lainnya didistribusikan antara tipe divergensi industri dan jenis industri pemusatan.
4. MODEL E-BISNIS PERINDUSTRIAN TAIWAN PADA MANAJEMEN LOGISTIK GLOBAL
4.1 Atribut Industri yang Berbeda dan Hambatan e-GLM
4.1.1 Atribut Industri yang Berlainan
Atribut Industri berlainan Industri berlainan mendistribusikan atas hulu atau sisi penawaran, dan berurusan dengan berbagai industri dari aliran bawah atau sisi permintaan. Ini memasok pasar yang luas pada jumlah besar. Kadang-kadang daya tawar dari industri berlainan adalah setara dengan pelanggan industri hilir. Jenis berlainan memiliki pasar yang stabil dan mitra. Beroperasi pada kecepatan yang lebih lambat, dan memiliki siklus hidup produk lebih lama.
Selain itu, industri berlainan memiliki struktur sederhana. Tekanan bisnis datang dari aliran bawah. Karena model produksi dari industri berlainan biasanya Make-to-Stock (MTS) atau Build-to-Stock (BTS), sehingga harus memiliki pemahaman yang baik dari permintaan dari aliran bawah (sekitar bahan baku atau bagian). Berdasarkan perkiraan tersebut, mereka dapat memiliki lebih baik "heijunka" manajemen untuk menjaga pasokan halus.
Sebuah industri berlainan peduli lebih lanjut tentang kualitas produk, kontrol bahan biaya dan manajemen persediaan. Selain itu, gudang yang lebih baik dan pemeliharaan logistik adalah kunci untuk mengurangi biaya operasi.
4.1.2 Hambatan e-GLM
E-Bisnis industri berlainan itu kemacetan di GLM adalah untuk menjaga hubungan bisnis yang lebih erat, untuk memiliki rencana kapasitas yang lebih baik, dan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Perusahaan harus memiliki sistem e-Bisnis yang baik dan mempertahankan kecukupan pasokan untuk down-stream dan mencapai tingkat pemanfaatan kapasitas global yang lebih baik.
4.2 Atribut Industri yg Berbeda dan Hambatan e-GLM
4.2.1 Atribut Industri yang Berbeda
Industri konvergen mendistribusikan selama hilir-atau sisi permintaan dan mereka terdiri dari produk yang baik atau semi-produk. Industri yang bertumpu memiliki struktur yang lebih kompleks dari industri berlainan. Tekanan bisnis datang dari kedua (atas dan bawah) sungai. Mereka harus memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tingkat layanan yang lebih baik dan ATP yang tersedia untuk janji). Selain itu, mereka harus memiliki pemahaman yang baik dari informasi mengenai komponen pemasok / status bagian.
Industri yang bertumpu ini membuat jenis biasanya MTS (atau BTS) dan Make-to-Order (MTO) atau Built-to-Order (BTO). Untuk memilih jenis membuat yang diberikan tergantung pada kebutuhan GLM. Daya tawar industri konvergen adalah lebih dari pemasok, tetapi didorong oleh pelanggan. Industri yang bertumpu memiliki pasar yang luas yang berkaitan dengan sungai naik dan turun. Ini beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat, dan memiliki siklus hidup produk pendek.
4.2.2 Hambatan e-GLM
Industri yang bertumpu harus menjaga manajemen persediaan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, atau yang lain itu akan mengakibatkan persediaan tidak mencukupi atau overflow untuk kebutuhan global. Selain itu, mereka harus memegang manajemen material yang lebih baik dan komponen yang cukup atau kunci-bagian, atau yang lain itu akan mengakibatkan peningkatan sumber daya material dan biaya operasi.
4.3 Ringkasan: Atribut Industri dan daftar Kemacetan e-GLM untuk Manufaktur
Menurut analisis sebelumnya untuk fitur manufaktur, yang melibatkan sampai-stream dan industri hilir (dari jenis dan tipe yang bertumpu berlainan) dan kemacetan sementara membangun e-Bisnis untuk GLM, dan berdasarkan konsep-konsep, kami telah terdaftar jenis industri dengan yang masing-masing atribut dan e-Bisnis kemacetan pada Tabel 1.
4.4 Strategi Logistik E-Bisnis pada Industri Global di Taiwan
Titik kunci e Bisnis-perusahaan adalah untuk fokus pada inovasi model bisnis. Menurut rantai pasokan operasi referensi model (SCOR) dan aspek rantai nilai, "pembuat" pabrik kemampuan merupakan faktor kunci untuk model bisnis. Karena itu, perusahaan membangun GLM yang optimal e-model bisnis harus mempertimbangkan tidak hanya jenis industri (divergensi atau pemusatan) tetapi juga jenis produksi. Dalam rangka mencapai model e-GLM yang optimal, kita dapat menerapkan "indeks cek" untuk secara efektif mengukur kinerja industri yang berbeda dan membuat jenis.
5. KESIMPULAN
Penelitian ini membangun sebuah kebijakan e-GLM referensi berdasarkan fitur dari permintaan dan penawaran di bidang manufaktur, kebijakan industri, strategi TI aplikasi dan aspek rantai nilai. Secara keseluruhan, menganggap kebijakan pembangunan manufaktur Taiwan dan mengacu pada Lin & Shaw studi dalam membagi manufaktur menjadi tipe "berlainan" dan tipe "yang bertumpu". Dalam rangka untuk mencapai kebijakan e-GLM yang optimal, kita menerapkan empat indeks periksa untuk secara efektif mengukur kinerja industri yang berbeda dan membuat jenis. Prosedur ini berasal dari rantai nilai dan teori BSC. Akhirnya, kita mendaftarkan e-Bisnis pilihan GLM untuk pembuatan dan saran yang relevan.
Untuk studi masa depan, model ini dapat lebih ditingkatkan dengan termasuk teknik optimasi serta pertimbangan faktor-faktor seperti: jenis outsourcing (seperti pabrikan peralatan asli (OEM), desain produsen asli (ODM), pemasaran merek sendiri (OBM)), cluster dan kantor pusat industri-anak.
Sumber : http://novie-kelas55a.blogspot.com/2011/09/ringkasan-jurnal-e-business-policy-of.html